Kontributor : Adi Hamdani, S.Pd

Sejak diperkenalkan pada 2014 lalu, kegiatan ekstrakulikuler memanah cukup banyak diminati oleh para peserta didik di SMP Juara Pekanbaru. Dari yang awalnya hanya coba-coba hingga yang sudah berpengalaman sebelumnya, ikut bergabung di komunitas memanah Juara. Ekskul panahan di latih oleh Mr adi Hamdani, S.Pd, yang sudah memiliki sertifikasi Memanah.
Selain menyenangkan, kegiatan memanah ini memang memiliki banyak manfaat ekstra yaitu:

Salah satu olahraga paling aman
Menurut Archery Trade Association (ATA), panahan adalah olahraga yang lebih aman daripada bentuk olahraga menggunakan bola yang ditawarkan oleh sekolah, kecuali bowling dan tenis meja. Selama memperhatikan dan mengikuti prosedur keamanan panahan, Insha Allah akan menyenangkan. Salah satu yang harus diperhatikan oleh siswa yang memilih Ekskul memanah adalah cara pemanasan agar otot tidak kaku saat sedang menarik busur panah.

Membentuk perilaku yang baik
Kegiatan memanah memiliki beberapa aturan dan tata cara yang harus dipatuhi, agar dapat menembakkan panah dengan baik. Hal itu tentu melatih kedisiplinan, sehingga dapat membentuk perilaku yang baik pada anak, jika bisa mengikuti aturan yang diajarkan dalam memanah

Fokus dan disiplin diri
Inti dari memanah adalah mempelaari metode selangkah demi selangkah untuk menarik busur dan menembakkan anak panah. Pemanah junior akan mudah memahami bahwa dengan mempelajari secara perlahan dan fokus pada satu tahapan di satu waktu, mereka akan berhasil menempatkan anak panah di tengah-tengah target. Selain itu untuk bisa mencapai fokus yang sempurna tentu saja dibutuhkan ketenangan dalam diri sehingga siswa yang mengikuti ekskul memanah secara tidak langsung dilatih untuk men-manage emosinya agar lebih tenang saat mengamati sasaran.

Menyehatkan Fisik
Selama turnamen di luar rungan, pemanah menyerap vitamin D alami dari matahari untuk kesehatan tulang. Terlepas dari pengaturannya, panahan membangun otot inti, dada, punggung dan bahu. Hal ini tentu saja menjadi hal yang baik terlebih saat ini dimana virus corona bisa melemah dengan paparan sinar matahari saat siang hari.

Keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik
Menarik busur memperkuat otot inti, yang meningkatkan keseimbangan dan stabikitas pemanah. Sehingga keseimbangan dan stabilitas meningkatkan postur tubuh, kooridnasi mata, tangan dan ketepatan mengenai trget

Mengajarkan menentukan tujuan
Panahan menyediakan sebuah lingkungan yang membiasakan anak menentukan tujuan besarnya. Pemanah dapat menyesuaikan tujuan mereka saat mereka ingin meningkatkan jarak, fokus pada cincin target yang lebih kecil, elemen lingkungan yang lebih ekstrim (dingin, berangin, bising, dll) atau score average yang lebih tinggi. Dengan dibiasakannya siswa mengikuti ekskul memanah, secara tidak langsung siswa juga terlatih untuk mengetahui tujuan mereka belajar di sekolah dan tujuan karir mereka di masa depan nanti.

Selain dari beberapa manfaat diatas, siswa siswi yang ikut memanah di SMP Juara Pekanbaru juga sudah banyak mengikuti event event panahan sebagai proses pembelajaran baginya. Beberapa prestasi yang diraih adalah medali emas Panahan di Tournament Achhery Ittihad Rumbai, medali perunggu AIS Achery 2022 yang terbaru.

(Visited 4 times, 1 visits today)
WhatsApp Hubungi Kami