Permasalahan yang sering terjadi dalam Kegiatan Belajar Mengajar secara daring yaitu rasa bosan siswa. Alhasil proses pembelajaran tidak berjalan dengan efektif dan optimal, siswa juga tidak memiliki motivasi untuk meningkatkan semangat belajar. Hal ini disebabkan karena siswa tidak dapat bertemu dan bersosialisasi dengan teman-temannya secara langsung.
Meskipun begitu, kegiatan belajar mengajar secara daring tetap bisa dilakukan dengan optimal, jika pelaksanaannya menarik. Guru memiliki peran penting untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Salah satu cara untuk mengurangi problem KBM online yaitu dengan menciptakan kreativitas dalam mengembangkan metode belajar serta menggunakan media pembelajaran yang menarik.
Oleh sebab itu, Guru harus memiliki kemampuan menggunakan teknologi serta mengembangkan strategi pembelajaran yang baik. Optimalisasi penggunaan teknologi menjadi pilihan untuk melakukan pembelajaran daring. Sehingga kreativitas dan penggunaan teknologi lah yang menentukan keberlangsungan pembelajaran berjalan baik dan menyenangkan.
Pada pembelajaran PPKN, guru mengvariasikan metode pembelajaran agar siswa semangat belajar. Setelah siswa diberikan pembekalan materi pada pertemuan sebelumnya, siswa diberikan games edukasi. Dengan menggunakan aplikasi quizizz siswa dapat menjawab beberapa pertanyaan yang sudah diberikan waktu pada setiap nomor. Bukan hanya sekedar menjawab soal, siswa diharapkan dapat mengingat kembali ilmu atau materi yang sudah dijelaskan guru.
Di akhir sesi akan terlihat peringkat tertinggi dan jumlah benar salah, disinilah guru bersama siswa mengevaluasi setiap soal yang diberikan. Alhamdulillah para siswa mengatakan seru sekali bermain games quizizz ini.