Pekanbaru– Perpustakaan menjadi salah satu fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, baik di tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi maupun universitas. Sarana yang ada ini pun dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan minat baca dan meningkatkan literasi para siswa.

Tumbuhnya budaya baca peserta didik sangat dipengaruhi beberapa faktor. Faktor keluarga dan sekolah. Dalam lingkungan keluarga, orang yang sangat berperan adalah orang tua. Selain itu faktor sekolah. Meningkatkan minat baca di lingkungan sekolah dapat dilakukan oleh kepala sekolah, guru maupun petugas perpustakaan. Kepala sekolah bisa meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah dari segi sarana dan prasarana; mewajibkan guru memanfaatkan perpustakaan sebagai bagian dari proses belajar mengajar; menerapkan jam wajib kunjung perpustakaan untuk setiap kelas; mengikutkan sekolah dalam kegiatan lomba yang berhubungan dengan minat baca.

SMP Juara Pekanbaru menerapkan karpet baca literasi, yang dimana program ini merupakan program mingguan SMP Juara Pekanbaru,setiap siswa baik ikhwan dan akhwat diharuskan untuk mengunjungi perpustakaan dengan harapat meningkatkan literasi siswa yang lebih luas lagi,Koordinator Perpustakaan SMP Juara Pekanbaru menyampaikan “Karpet baca literasi mulai difungsikan pada semester genap ini ,dengan sibuknya aktifitas siswa dan guru, siswa dapat membaca buku di jam istirahat, dalam kunjungan ke perpustakaan kami membuat jadwal baca siswa,jadi setiap siswa dibuat jadwal, jika tidak ada jadwal maka siswa itu tidak punya tanggung jawab,memang dalam hal membaca ini sulit oleh sebab itu harus dipaksa dulu di awalnya,imbuh Ridho selaku Koordinator Perpustakaan’

#IJF
#Literasi
#SMPJuaraPekanbaru

(Visited 2 times, 1 visits today)
WhatsApp Hubungi Kami